Haru Biru Mertua Menantu – Resensi Buku

By: diyanti

Jun 25 2009

Category: Short Story

Leave a comment

Judul : Tatkala Harmoni Sulit Digapai – Haru biru mertua menantu
Penerbit : Elex Media Komputindo PT
Oleh : Nagiga dan Dian Ibung Psi.
254 halaman

Buku ini diangkat dari cerita nyata, gaya bercerita penulisnya yang mengalir seperti cerita pendek membuat kisah kisah didalamnya tidak membosankan, pembaca dibuat betah untuk terus membaca mengikuti alur cerita hingga akhir kisah. memang kisah kisah ini banyak terjadi disekeliling kita namun perbedaan sudut pandang dan pembahasannya yang membuat buku ini tampil berbeda. Buku dibagi dalam 2 bab kisah tentang Pihak menantu dan Pihak Mertua, kita bisa melihat dari 2 sisi yang berbeda.

Kita bisa menarik pelajaran dari buku “Haru Biru mertua dan menantu” tampa merasa digurui, malah jika merasa salah satu cerita ini terjadi dalam kehidupan rumah tangga kita, bisa kita gunakan buku ini sebagai suatu solusi tampa perlu merasa menggurui terhadap pasangan kita. Jika Pasangan tidak suka membaca, bisa kita mulai dengan menunjukan buku ini dengan mengambil salah satu kisah didalamnya sebagai bahan perbincangan sambil minum teh di sore hari , (jadi ingat iklan salah satu produk teh kemasan ” mari berbicara sambil ngeteh Yuk ! “)

Kertas yg digunakan adalah kertas koran, membuat buku ini Ramah lingkungan (re-cycle) dan juga ringan untuk dibawa bawa jga tidak terasa memberatkan jika dibaca sambil tiduran (ini bukan saran, karena membaca sambil tiduran membuat mata bekerja 2x lebih berat dari biasanya)
Bonus gambar menarik sebagai ilustrasi dibeberapa kisah yang ada dibuku itu membuat kita bisa tersenyum sebelum memulai membaca.

kritik : memang ada beberapa bagian yang terasa membosankan, bagi saya di bagian Solusi yang diberi nomor nomor,membuat kita serasa dipaksakan untuk mengurutkan satu persatu masalah. Kalau kita lompati salah satu nomornya serasa kurang lengkap…namun jika diikuti,terasa membosankan. Walhasil ada beberapa judul Kisah yang saya loncatkan sekaligus jadi hanya Kisah awal dan Kabar selanjutnya yg saya baca.

Secara keseluruhan Buku ini layak dimiliki oleh pasangan muda atau pasangan yang masih memiliki mertua…jadi kita bisa tahu bagaimana menilai hubungan menantu dan mertua dari kacamata “mertua”, sebelum kita selaku menantu berbuat yang kurang menyenangkan hati mertua lebih baik kita menjaga bicara, sikap dan pola pikir kita terhadap mertua yang seharusnya kita anggap sebagai orang tua kandung kita sendiri. Penulis yang berkolaborasi dengan pakar Psikology membuat jernih solusi yang disampaikan, tidak berat sebelah ke salah satu pihak.

Saran bagi penulis : Jika memungkinkan disetiap bagian Pembahasan ada bagian pembahasan dari sudut si Pelaku Negative (hmmm mungkin lebih baik disebut tokoh antagonis) , kemungkinan jika kita mengetahui alasan mengapa dia berbuat seperti itu ,bisa dicarikan solusi yg lebih tepat. Tidak semua masalah diselesaikan dengan happy ending memang, contoh bagian 6 dengan judul RASA dimana akhir sang tokoh cerita mengajukan cerai/berpisah dengan suaminya yang melakukan KDRT. yang inilah hidup, tidak semuanya masalah selesai dengan semua pihak terpuaskan, ibarat Lagu GODBLESS ” Dunia ini panggung Sandiwara” sebagai aktor dan aktris yang baik kita harus tunduk dengan Sang Sutradara, dengan penuh keikhlasan dan kesabaran PASUTRI harus bisa melewati segala rintangan dan hambatan dengan BERSAMA SAMA.

Mudah mudahan ini ada kelanjutan dari penulis dan Team untuk membuat kisah nyata seperti ini dengan pokok pembahasan yg berbeda.

* Diyanti pemilik blog —> pecinta buku yg coba coba membuat Resensi
menerima kritik dan Saran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: